Dr. Suryani, M.Si

Dr. SURYANI, M.Si anak keenam dari pasangan bapak H. Abdurrahman Yusuf dan ibu Hj. Hafsah, sejak tahun 2008 menjadi Dosen PNS IAIN Lhokseumawe, Aceh. Pengajar mata kuliah Metodologi Penelitian, Metode Penelitian Ekonomi, dan Sistem Operasional Perbankan Syariah pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Lhokseumawe. Pendidikan studi jenjang Perguruan Tinggi S1 dimulai dari Fakultas Syariah dan Hukum, Jurusan Muamalat/Perbankan Islam Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta (lulus tahun 2003), kemudian memperoleh gelar Magister Sains dari Program Pascasarjana/S2 Kajian Timur Tengah dan Islam Kekhususan Ekonomi dan Keuangan Syariah PSKTTI-Universitas Indonesia, Jakarta (lulus tahun 2007). Melanjutkan studi jenjang S3 dengan bantuan beasiswa studi (full scholarship) dari  Direktorat Pendidikan Tinggi Agama Islam (Diktis) Kementerian Agama Republik Indonesia pada Program Doktoral/S3 Pengkajian Islam Konsentrasi Ekonomi Islam UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (lulus tahun 2017).

Pengalaman sebagai peneliti yang mendapatkan bantuan hibah penelitian dosen PTKIN dari Direktorat Pendidikan Tinggi Agama Islam (Diktis) Kemenag tahun 2015 dengan judul Etika Kerja Islam: Hubungannya dengan Inovasi Organisasi dan Persepsi Keadilan pada Perbankan Syariah di Indonesia. Penelitian dengan metode survei di tahun 2010 tentang Analisis Persepsi Nasabah terhadap Produk Tabungan Muamalat dan Service Quality Bank (Survey pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Medan). Studi riset empiris yang diformat ulang untuk tujuan publikasi artikel ilmiah di jurnal terakreditasi, diantaranya dalam Journal of Economics, Business, and Accountancy Ventura, yang menganalisis tentang Customers’ Perceived Value Towards The Service in Islamic Banking: Confirmatory Factor Analysis (2015). Analisis Faktor Kualitas Pelayanan di Bank Syariah dipublikasikan dalam Jurnal Terakreditasi AL-IQTISHAD UIN Jakarta (2014), Analisis  Faktor Bauran Pemasaran yang Mempengaruhi Kepuasan Nasabah Sehingga Tercipta Word of Mouth Positif di PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Medan dipublikasikan dalam Jurnal INFERENSI IAIN Salatiga (2013). The Significance of Islamic Economics Study in Discipline of Modern Economics. Tulisan dipublikasikan dalam Journal of Indonesian Economy & Business, Faculty of Economics & Business Universitas Gadjah Mada (2012).

Tahun 2018 menjadi peserta Training Calon Dewan Pengawas Syariah (DPS) yang diselengggarakan oleh Dewan Pengawas Nasional (DSN) dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) di Jakarta, lulus sebagai peserta dengan predikat “Baik”. Peserta program Short Course Metodologi Penelitian Dosen PTKI dalam negeri yang diselenggarakan oleh Direktorat Pendidikan Tinggi Agama Islam (Diktis) Kementerian Agama Republik Indonesia dan Program Studi Agama dan Lintas Budaya (CRCS) Sekolah Pascasarjana Lintas Disiplin, Universitas Gadjah Mada (UGM) tahun 2018 di Yogyakarta.