Dr. Harjoni, S.Sos.I.,M.Si.

Dr. Harjoni, S.SosI.,M.Si atau lebih akrab dipanggil dengan sebutan Harjoni Desky, lahir di Kutacane Kabupaten Aceh Tenggara Provinsi Aceh, pada hari Selasa tanggal 22 Agustus 1978. Menamatkan pendidikan dasar di SDN 2 Kutacane, kemudian melanjutkan pada Sekolah MTsN Kutacane, dan Madrasah Aliyah Swasta (MAS) pesantren modern Darularafah Raya yang terletak di desa Kutalimbaru Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara.

Setelah menyelesaikan pendidikan di Pesantren Modern Darularafah Raya tahun 1998 (Alumni VII), penulis melanjutkan pendidikan formal Strata Satu (S1) ke IAIN Ar-Raniry pada Jurusan Manajemen Dakwah (DMD), dan lulus pada tahun 2002 dengan predikat Cumlaude. Setelah menyelesaikan pendidikan S1 penulis dipercaya menjadi Asisten Dosen untuk mengajar di Fakultas Dakwah satu semester saja, disebabkan pada bulan Agustus 2002 penulis sudah diterima pada program magister (S2) pascasarjana USU tepatnya pada Konsentrasi PWD (Perencanaan Pembangunan Wilayah dan Pedesaan) dengan Beasiswa Dikti (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan), studi magister tersebut diselesaikan pada tahun 2004 dengan predikat kelulusan Sangat Memuaskan. Selang beberapa tahun kemudian tepatnya pada tahun 2008, penulis lulus Beasiswa Dikti untuk melanjutkan Studi Program Doktor di Institute Pertanian Bogor (IPB), namun karena faktor kesehatan penulis tidak bisa menyelesaikan studi di PWD IPB. Pada tahun 2014, penulis kembali mendapat kesempatan untuk melanjutkan studi program doktor dengan Beasiswa LPDP (Kementerian Keuangan R.I)  pada Program Doktor Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga, kosentrasi Ekonomi Islam, dan menyelesaikan studi pada tanggal 27 Mei 2019 (Ujian Promosi Doktor dan Yudisium) dengan Predikat Kelulusan Sangat Memuaskan.

Kini, penulis dipercayakan duduk sebagai dosen tetap Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) pada Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Lhokseumawe Aceh. Penulis juga memiliki pengalaman organisasi yang sangat memadai. Adapun jabatan yang pernah diemban ketika beroganisasi yaitu, pernah menjadi Ketua Himpunan Jurusan Manajemen, Ketuan HMI Komisariat Dakwah, Bendahara Umum HMI Cabang Banda Aceh, Anggota Iskada Aceh, Anggota KAHMI Aceh Utara dan Lhokseumawe, Penasehat BKPRMI Aceh Utara, Anggota Koniry Aceh Utara, Anggota IAEI (Ikatan Ahli Ekonomi Islam).

Selain itu, penulis juga memiliki segudang prestasi dalam bidang tulis menulis, ini dibuktikan dari beberapa prestasi yang pernah diraih, diantaranya: Juara II Lomba Essay Lingkungan Hidup tahun 2008 (Unsyiah dan Yayasan Lauser Indonesia); Juara III Mengarang Gender pada tahun 2008 (PSW UGM); Juara II Lomba Jurnalistik Kepemudaan Kementerian Pemuda dan Olah Raga pada tahun 2008; Juara II Lomba Jurnalistik PAUD Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2009; Juara IV Lomba Jurnalistik PAUD Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2010; Juara II XL Awards 2011; Juara II Lomba Karya Jurnalistik Pemilu Akses 2017 (KPU RI); dan Juara III Kompetisi Penulisan Kajian Hukum Nama Domain Indonesia (PANDI Indonesia).

Kegiatan ilmiah yang pernah diikutinya adalah Nara sumber (pembicara) pada Acara Simposium International “Peran Strategis Pendidikan Agama dalam Pengembangan Budaya Damai” (Kemenag, RI, 2012); Pembicara pada acara “The Conference and the National Dialogue in the Framework of The Decade Amendment of the Constitution in 2012” yang diselenggarakan Mahkamah Konstitusi; Pembicara pada acara Annual International Annual International Conference on Islamic Studies 2012 (AICIS XII) di Surabaya; Pembicara pada acara The Academic Conference on Poverty Alleviation in Indonesia 2013 (USAID); Pembicara pada acara Konferensi Kebijakan Pembangunan Nasional 2013, yang diselenggarakan pada Forum Kerjakasama Bappenas dan Perguruan Tinggi; Pembicara pada acara The Second International Symposium on Empowering Madrasah in the Global Context 2013 (Kemenag RI); Pembicara pada acara Konferensi Financial Services Authority (OJK) 2014 (OJK RI); Pembicara pada acara Indonesian Frontiers of Social Science Symposium AIPI 2014 (AIPI Pusat); Pembicara pada acara Annual International Annual International Conference on Islamic Studies 2014 (AICIS XIV) di Samarinda; Pembicara pada acara Annual International Annual International Conference on Islamic Studies 2015 (AICIS XV) di Manado; Pembicara pada acara One Day Mini Seminar “Contemporary Religious Issues In Southeast Asia” 2016 di Universitas Mahidol, Thailand; Pembicara pada acara Annual International Annual International Conference on Islamic Studies 2017 (AICIS XVII) di Jakarta; Pembicara pada acara Seminar Stabilitas Keuangan 2017 (Bank Indonesia); Pembicara pada acara Forum Riset Ekonomi dan Keuangan Syariah (FREKS) 2018 di Banda Aceh; dan Pembicara pada acara The 4th International Islamic Monetary Economic And Finance (IIMEFC) 2018 (Bank Indonesia).

Hasil karya ilmiah yang sudah dipublikasikan antara lain adalah Tinjauan Hukum Islam terhadap Pengelolaan Lingkungan Hidup dalam Undang-Undang No.23 Tahun 1997 ISSN: 1978-6670, Vol.VIII No.1 Januari 2014 (Jurnal Al-Manahij); Pengaruh Etos Kerja Islami dan Gaya Kepemimpinan terhadap Kinerja Karyawan Rumah Makan Ayam Lepaas Lhokseumawe ISSN: 1978-7332, Vol.8No.2 Desember 2014 (Jurnal Inferensi); Asuransi Takaful : Teoritis dan Model Perhitungannya ISBN 978-602-17367-6-0 (Sefa Bumi Persada); Islamic Economics (The Study of The Typology of Current Practices, Evaluation And Way Forward) (Proceeding AICIS XV Buku 2); Interaksi Dinamis Konflik dengan Kearifan Lokal dalam Bingkai Resolusi Konflik (Proceeding AICIS XVII Buku 1); Memelihara Kearifan Mencegah Radikalisme: Kumpulan 32 Naskah Terbaik Lomba Karya Tulis Jurnalistik “Indepth Reporting” ISBN: 978-602-50850-2-4 (BNPT Press, 2017); Logika Kemulian Hidup:Menjaga Tradisi Mewarisi Modernitas (Afkari Publishing, 2018); Indonesia 2045 Pemikiran Terbaik Putra-Putri Bangsa untuk Ibu Pertiwi. Karya Mata Garuda (Ikatan Alumni dan Penerima Beasiswa LPDP) ISBN:978-602-291-494-5 (Bentang Pustaka); Menelusuri Perjalanan Konversi Bank Aceh menjadi Bank Aceh Syariah ISBN:978-602-6525-87-1 (Amara Books Yogyakarta, 2018); Zakat Tanaman Menurut Ulama Dayah Aceh Perspektif Maqasid Al-Syariah. Terakreditasi Sinta 2 SK.Dirjen DIKTI No.30/E/KPT/2018. Vol. XII No. 2, Desember 2018 (Jurnal al-Manahij, 2018); Kala Dunia Memandang Indonesia Memanfaatkan Momentum Pertemuan Keuangan Terbesar di Dunia 2018 Annual Meeting IMF-WBG (Unit Khusus Pertemuan Tahunan IMF-WBG 2018 (UKPTI) Bank Indonesia).

Penulis dapat dihubungi via [email protected] atau [email protected]

Wallahua’lam