RAPAT MONITORING PERKULIAHAN SEMESTER GENAP 2023-2024 DI PRODI PBS IAIN LHOKSEUMAWE

Jurusan Perbankan Syariah FEBI IAIN Lhokseumawe H. Yoesrizal Muhammad Yoesoef, Lc., M.Sh melalui sekretaris jurusan Ainun Mardhiah, M.SI Mengundang seluruh komisaris/ketua kelas mahasiswa perbankan syariah yang ada di setiap unit mulai dari semester 2 sampai dengan semester 10 beserta ketua umun Himpunan Mahasiswa (HMJ) Jurusan Perbankan Syariah periode 2024-2025 pada Jumát 22 Maret 2024, Untuk mengikuti rapat pembahasan dan monitoring perkuliahan yang sedang berjalan serta berdiskusi beberapa hal mengenai kendala/hambatan akademik dan non akademik selama mengikuti mata kuliah di jurusan perbankan syariah selama semester genap 2023-2024.

Rapat dan diskusi dibuka oleh Sekretaris Jurusan, Ainun Mardhiah, M.SI dan diawali dengan pemapran maksud, tujuan dan isi aganda rapat oleh Ketua jurusan, H. Yoesrizal Muhammad Yoesoef, Lc., M.Sh. Dalam penyampaian tersebut beliau mempersilahkan semua komisaris/ketua kelas untuk menyampaikan apa-apa saja permasalahan yang terjadi di jurusan maupun  di unit/kelas selama mengikuti mata kuliah. Beliau juga mengatakan bahwa setiap keluhan, kendala, hambatan maupun permasalahan yang ada di kelas-kelas akan diselesaikan secara kekeluargaan.

Ada beberapa topik yang disampaikan oleh para komisaris dan dibahas dalam rapat tersebut, seperti: keberatan mahasiswa semester 2 akan jadwal Pengajian Makhad yang diadakan Ketika bulan Puasa dan menjelang libur lebaran yang ternyata bentrok dengan jadwal perkuliahan reguler, mereka berharap kegiatan makhad dijadwalkan diawal semester saja tanpa bentrok perkuliahan regular; adanya hambatan dalam penyiapan peralatan di kelas MBKM sehingga mengganggu perkuliahan;para komisaris juga meminta agar fasilitas-fasilitas yang rusak agar segera diperbaiki dan menambah yang fasilitas dan peralatan olahraga dan perkuliahan yang belum ada.selan itu pihk HMJ juga meminta ruangan khusus terpisah dari ruangan DEMA FEBI untuk pelatihan minat bakat; mahasiswa juga  meminta  agar Microsoft office dasar diajarkan kembali karena di dunia pekerjaan saat diperlukan, khususnya pada saat OJT serta permintaan agar febi mengadakan sertifikasi dari kampus atau yang bekerjasama dengan pihak luar untuk peningkatan keahlian mahasiswa.

Setelah mendengar semua masukan, keluhan di atas, Ketua jurusan dan sekretaris jurusan memberikan jawaban, arahan , Solusi dan tanggapan yang bisa dilakukan selaku kewenangan mereka di jurusan, dan ada bebrapa laporan dari ketua kelas yang akan ditindaklanjuti dengan berkoordinasi dengan pihak terkait baik di fakultasmaupun Tingkat rektorat, seperti masalah UKT, jadwal kuliah makhad bagi mahasiswa semester 2, percepatan pengeluaran sk bimbingan, seminar dan siding skripsi mahasiswa selanjutnya Rapat ditutup dengan doa dan diakhiri dengan jabatann tangan antara semua peserta rapat.