Novia Zahara Duta Baca Aceh Utara 2018

Selasa tanggal 6 November 2018, saya beserta seluruh peserta yang berjumlah sekitar lima puluhan mengikuti test tulis untuk seleksi Duta Baca Aceh Utara 2018 yang diadakan oleh Dinas Kepustakaan dan Kearsipan Lhoksukon, tetapi sebelum tanggal 6 November seluruh peserta telah mengirim berkas-berkas beserta artikel sebagai syarat untuk mendaftar duta baca ini.
Setelah mengikuti test tulis, masih pada hari yang sama tepatnya pada pukul 14.00 para peserta mengikuti tahap seleksi selanjutnya yaitu wawancara.

Pada pukul 16.00 seluruh peserta telah selesai mengukiti test wawancara, dan pada hari itu pula langsung diumumkan para pesrta yang masuk dalam 12 besar, 6 laki-laki dan 6 perempuan.
Dan dengan Qudrah dan Iradah Allah, Alhamdulillah saya masuk kedalam salah satu dari 12 besar calon Duta Baca Aceh Utara 2018.

Kemudian setiap peserta yang masuk 12 besar tersebut harus meresensi sebuah buku beserta membuat power point, resensi buku dibuat untuk dipresentasikan keesokan harinya pada tanggal 7 November 2018, dan buku yang saya resensi adalah buku yang simpel tetapi sangat menarik untuk dibaca “My Enemy Is Me” karya seorang motivator termuda di Indonesia Syafii Effendi.

Pada hari Rabu tanggal 7 November 2018 ke 12 peserta tersebut kemudian mulai mempresentasikan hasil resensi mereka masing-masing dengan penampilan terbaik, tepatnya pukul 11.30 semua peserta telah selesai mempresentasikan hasil resensi yang telah mereka buat, para juri berunding untuk menentukan siapa saja peserta yang akan menjadi finalis Duta Baca Aceh Utara 2018.
Pada pukul 12.00 juri mengumumkan siapa saja peserta yang menjadi finalis, dan lagi lagi saya bersyukur karena terpilih menjadi salah satu finalis Duta Baca Aceh Utara 2018.

Tepatnya pukul 13.30 para finalis kemudian diberi tantangan selanjutnya yaitu naik ke atas panggung utama untuk mengajak anak-anak agar gemar membaca.

Setelah seluruh finalis mengikuti tantangan tersebut, finalis mengikuti tahap test terakhir yaitu Question Test dari para juri, setiap finalis mengambil nama juri secara acak kemudian juri membacakan soal yang harus dijawab oleh finalis secara singkat jelas dan padat.
Pukul 17.30 hari Rabu tanggal 7 November 2018 para juri mengumumkan peraih juara 1, 2 dan 3 serta peraih juara harapan 1,2 dan 3.

Dengan qudrah dan iradah Allah, Alhamdulillah saya Novia Zahara mahasiswi FEBI Jurusan Ekonomi Syariah IAIN Lhokseumawe terpilih sebagai juara 1 Duta Baca Aceh Utara Tahun 2018. Pembagian hadiah, trophy beserta uang tunai kepada pemenang diberikan pada tanggal 8 November 2018, Rasa bangga dan syukur yang teramat sangat saya panjatkan kepada allah swt. La haula wala quwwata illa billahi aliyyi adhim. Saya berharap dengan terpilihnya saya sebagai Duta Baca Aceh Utara 2018 dapat memotivasi saya agar lebih gemar membaca dan menggali ilmu pengetahuan, karena uswah atau contoh merupakan cara pertama untuk memotivasi orang lain. Memulai dari diri sendiri sehingga orang lain akan termotivasi dengan kita, khususnya anak anak aceh utara agar ikut gemar membaca. Allahumma shalli ala sayyidina Muhammad.